Software Komputer

Secara umum, software digunakan untuk mempermudah pengorganisasian kinerja Hardware . Dengan adanya software akan mengurangi interaksi manusia pada Hardwareyang bermacam-macam. Kita dapat mengelompokkan software berdasarkan fungsi atau dukungannya terhadap hardware.
Software sistem Operasi ini yang melakukan hubungan dengan hardware secara langsung. Hardware yang beroperasi tanpa sistem operasi akan mempunya operasi yang terbatas dan tidak dapat di gunakan untuk menjalasnkan software aplikasi.

   Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi tujuh, yaitu :
  1. Sistem Operasi
  2. Program Aplikasi
  3. Bahasa Pemrograman
  4. Program Bantu
  5. Program Paket
  6. Program Permainan
  7. Program Multimeda 
 
   1. Sisitem Operasi
  Sistem operasimerupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di kenaloleh mesin komputer ( bahasa mesin ). Penggunaan processor, memory, hardisk dan komponen lainnya diatur oleh sistem operasi.

   2. Program Aplikasi
  Program aplikasi merupakan program yang di buat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk  penjualan di supermarket, untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak kuitansidan sebagainya.

   3. Bahasa Pemrograman
   Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang dipakai untuk membuat programkomputer. dengan bahasa pemrograman , kita dapat menyusun perintah-perintah yangharus dijalankan oleh komputer sehingga menghasilkan informasi atau melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan.

    Tingkatan pemrograman bahasa ada 4 yaitu :
  • Low Languange Program ( Bahasa Pemgrograman Tingkat Rendah), contohnyaAssembly machine
  • Middle Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah),contohnya Bahasa C++
  • High Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi ), ContohnyaPascal, Borland , Fotran
  • 4GL ( Bahasa Pemrograman Tingkat ke 4 ), contohnya Visual Basic, VisualFOxPro
 
  4. Program Bantu ( Utility )
  Program Bantu merupakan program yang bertujuan untuk mengatur konfigurasikomputer, menjaga komputer dari serangan virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya. Program jenis ini tidak banyak melibatkan pengguna dalam penggunaannya,tetapi bekerja sendiri sesuai dengan perintah dan fungsinya. Contoh utility yang kita kenal antara lain adalah Anti Virus, Backup, Disk Defragment dll.

   5. Program Paket
  Program paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang di paket menjadikesatuan untuk menangani suatu bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paketyang paling terkenal adalah Microsoft Office dimana di dalamnya terdapat program untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka ( Microsoft Excel), Untuk Program Presentasi ( Microsoft Power Point) dll. 
  Dilihat dari bidang pekerjaan yang ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi: 
  • Aplikasi perkantoran, misalnya : Microsoft Office dan StarOffice 
  • Aplikasi database, misalnya : oracle dan SQL Server
  • Aplikasi grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw

   6. Program Permainan 
  Program permainan merupakan program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan  interaktif pada layar komputer.

   7. Program Multimedia
  Program Multimedia mencakup program-program yang memainkan musik atau  lagu, memutar film atau video, untuk menangkap siaran radio atau televisi dan programlainnya. Contohnya adalah Winamp, Jet Audio, Real Player, Gom Player, dll.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar